HPSN 2020: Resik-Resik Kali Asem? Siapa Takut!

Apel HPSN 2020 di Gladak Gambiran. Foto: VisitLumajang/eru

Rangkaian HPSN 2020 di Lumajang

Serangkaian acara telah disiapkan DLH Lumajang di Hari Peduli Sampah Nasional 2020 ini. Hari ini pula acara serentak digelar berupa Aksi Kolosal Bersih Sekolah dan Bersih Kampung oleh warga Lumajang.

Tema HPSN tahun ini adalah . Masyarakat juga dihimbau untuk mengelola sampah dengan metode , yaitu Reduce, Reuse, Recycle.

Siang ini, DLH Lumajang juga menggelar Lomba Kerajinan Daur Ulang Sampah yang digelar di Alun-Alun Lumajang. Daur ulang sampah merupakan pengolahan kembali sampah agar bisa dimanfaatkan.

Besok malam, Sabtu 22 Februari 2020, juga digelar Lomba Peragaan Busana Daur Ulang Sampah di depan Pendopo Arya Wiraraja Lumajang.

Disusul Bazaar Ekraf Daur Ulang Sampah sampai hari Minggu (23/02). Dengan kegiatan ini diharapkan masyarakat mau memanfaatkan sampah untuk diolah kembali, baik untuk kerajinan atau kebutuhan lain.

"Ngopi Sam (Ngopi Tukar Sampah) akan digelar hari Minggu 23 Februari 2020 di CFD Alun-Alun Lumajang. Disusul OTT Sosialiasi Perbup yang mengatur penggunaan plastik sekali pakai," kata Yuli Haris.

Masalah pengurangan sampah bukan hanya tugas Dinas Lingkungan Hidup atau pemerintah aja! Kita semua juga harus berpartisipasi aktif, tentunya demi kelestarian lingkungan kita juga.