Longsor di Gunung Lemongan, Apa Alam Sudah Mulai Murka?

8 Desember 2017 15:47
Longsor di Gunung Lemongan, Apa Alam Sudah Mulai Murka? Area longsor di Gunung Lemongan Klakah, Lumajang (07/02) via Laskar Hijau

Gunung Lemongan merupakan gunung yang berada di Klakah Lumajang dan merupakan bagian dari deretan Pegunungan Iyang. Di sekitar lerengnya juga terdapat beberapa danau yang dijadikan destinasi wisata, sebut saja Ranu Klakah dan Ranu Bedali.

Menurut A'ak Abdullah dari Laskar Hijau melalui ponsel, pada hari Rabu malam (06/12) sekitar pukul 22.00 - 23.00 WIB telah terjadi longsor di kawasan Gunung Lemongan. Longsor ini terdapat di sisi tenggara, masuk Desa Kalipenggung, Kecamatan Randuagung, Kabupaten Lumajang.

Longsor ini tidak memakan korban, namun demikian telah merusak berhektar-hektar tanaman sengon dan kopi milik warga setempat.

Menurut hasil investigasi dari Laskar Hijau, penyebab utama dari terjadinya longsor ini karena adanya pembukaan kawasan hutan lindung untuk dijadikan kebun sengon dan kopi. Dan pembukaan kawasan ini terus berlangsung tanpa adanya penindakan hukum terhadap pelaku.

Hal ini tidak bisa dibiarkan terus menerus seperti ini, karena bisa menyebabkan bencana yang lebih besar, dan masyarakat jugalah yang akan menjadi korbannya. Sampai saat ini beberapa relawan masih bersiaga di lokasi untuk mengantisipasi kemungkinan longsor susulan.

Kejadian seperti merupakan peringatan bagi kita untuk bersahabat dengan alam. Jika bukan kita yang peduli lalu siapa lagi?

Dnadyaksa Tirtapavitra 281
#Ranu Bedali #Klakah #Kopi #Gunung Lemongan #Pecinta Alam #Ranu Klakah #Laskar Hijau

© 2018 visitlumajang.com