Gunung Wayang Lumajang, Wisata Yang Sekaligus Menjadi Lokasi Cabor Paralayang Porprov Jatim

Pemandangan sisi lain Gunung Wayang yang akan menjadi lokasi paralayang. Foto via @erfan_jauhari

Gunung Wayang tempat yang tidak asing tentunya bagi masyarakat Lumajang. Terkenal akan keindahannya yaitu suguhan pemandangan Gunung Semeru yang tampak gagah.

Seperti yang kita tau Lumajang menjadi salah satu tuan rumah dari Pekan Olahraga Provinsi VII Jatim Tahun 2022 disamping Jember, Bondowoso dan Situbondo.

Gunung Wayang Lumajang rupanya menjadi tempat take off untuk cabang olahraga paralayang yang dilombakan pada Porprov VII Jatim 2022.

Pertandingan cabang olahraga paralayang yang dilaksanakan di Gunung Wayang akan digelar 26 Juni hingga 03 Juli 2022 mendatang. 

Letak Gunung Wayang yang dikelilingi tempat wisata lain di Kecamatan Candipuro bisa menjadi cara untuk mengenalkan wisata Lumajang kepada atlet-atlet pendatang.

Warga sekitar Gunung Wayang mendapat dampak positif dari adanya acara olahraga ini karena rumah-rumah mereka bisa menjadi homestay untuk para pendatang.

"Sebelumnya kami warga sini diberi pelatihan oleh dinas terkait untuk bisa memberikan pelayanan homestay. Alhamdulillah bisa meningkatkan ekonomi warga," ujar Bapak Ruwono salah satu warga sekitar Gunung Wayang.