Unik! Meriahkan Tradisi 1 Suro, Warga Kelurahan Ditrotunan Pakai Pakaian Tradisional

Remaja RT 1 RW Kelurahan Ditrotunan pakai pakaian tradisional sambil menyiapkan Bubur Suro. Foto via @visitlumajang

Perayaan untuk menyambut Tahun Baru Islam 1 Muharam atau juga biasa disebut 1 Suro dalam kalender jawa terlihat meriah di Kabupaten Lumajang.

Gelaran pawai yang dilaksanakan kemarin ramai diikuti oleh anak-anak untuk menyambut Tahun Baru Islam atau 1 Suro sambil membawa balon warna warni mengelilingi desa.

Selain itu tradisi perayaan satu Suro tak lepas dari kuliner gurih yang biasa disajikan ketika sore hari menjelang malam tahun baru yaitu Bubur Suro atau Jenang Suro dalam bahasa Jawa.

Rupanya warga RT 1 Kelurahan Ditrotunan, Kecamatan Lumajang mengadakan acara "Bubur Suroan" yang dilaksanakan hari ini, 30 Juli 2022.

Menurut Dedi Muryanto, selaku Ketua RT 1 RW 5 Kelurahan Ditotrunan, acara Bubur Suroan bertujuan untuk mempererat silaturahmi serta sebagai rasa syukur atas nikmat dari Allah swt.

"Tujuan dari acara ini salah satunya memperingati satu Suro, untuk mempererat silaturahmi antar warga juga sebagai rasa syukur atas nikmat dan rezekiyang diberikan oleh Allah swt, " ucap Dedi Muryanto.

Bukan sekedar memasak dan menikmati Bubur Suro seperti pada umumnya acar Suroan di RT 1 RW 5 Kelurahan Ditotrunan ini memiliki keunikan.