Lomba Desain Corak Batik Lumajang oleh Grup Facebook Lumajang Bekerjasama dengan Dinas Perindustrian dan Perdagangan

11 November 2016 02:26 Harjalu 761
Lomba Desain Corak Batik Lumajang oleh Grup Facebook Lumajang Bekerjasama dengan Dinas Perindustrian dan Perdagangan Lomba Corak Batik Lumajang

Dalam rangka ikut memeriahkan Hari Jadi Lumajang ke 761, Grup Facebook Lumajang mengadakan Lomba Desain Corak Batik Lumajang. Hal ini sejalan dengan program pemerintah, yakni pencanangan Satu Kecamatan Satu Sentra Batik, yang tentunya program ini sangat bermanfaat bagi peningkatan ekonomi warga masyarakat kabupaten Lumajang.

Sebelumnya, Grup Facebook Lumajang telah menyelenggarakan Lomba Desain Kaos Grup Lumajang di bulan September - Oktober 2016. Dari lomba desain kaos tersebut bermunculan karya-karya terbaik dari para desainer handal di Lumajang yang mampu mengangkat tema-tema ikonik tentang Lumajang.

Dengan adanya lomba desain Corak Batik Lumajang ini diharapkan akan membuka wawasan seluruh warga masyarakat Lumajang tentang salah satu potensi kekayaan budaya kita, yaitu Batik Lumajang. Terutama di kalangan generasi muda untuk bisa ikut berperan serta dalam mengembangkan Batik Lumajang melalui ide dan kreasinya, dalam memunculkan beragam corak Batik Lumajang.

Sudah barang tentu corak batik Lumajang yang dimaksud adalah corak batik yang mengandung unsur-unsur ikonik dari bumi Lumajang, seperti Jaran Kencak, Pisang, Hutan Bambu, Salak, Teh, Kopi, Cengkeh dan lain sebagainya.

Dari segmen peserta, lomba ini bersifat terbuka untuk umum, baik itu pelajar, mahasiswa, pengrajin batik ataupun masyarakat umum, gratis tanpa dipungut biaya. Peserta cukup mendesain corak batik yang mereka inginkan lalu mengunggahnya ke laman Facebook Grup Lumajang dalam format .jpeg di www.facebook.com/groups/infolumajang. Peserta juga diperkenankan untuk mendesainnya pada kertas A4 atau A3, setelah itu difoto lalu diunggah ke laman grup Facebook tersebut.

Untuk pelaksanaannya, lomba ini dimulai sejak tanggal 14 Nopember 2016 dan ditutup pada 30 Nopember 2016  jam 12.00 WIB. Dari seluruh desain yang masuk akan ditentukan 10 desain terbaik oleh Dewan Juri yang selanjutnya berhak untuk di-polling oleh seluruh member Grup Facebook Lumajang.

Sistem polling ini dipilih untuk mengundang partisipasi dari seluruh member grup Lumajang. Dari hasil polling inilah nanti akan diketahui juara 1, 2 dan 3. Sementara itu juga akan disiapkan Juara Favorit yang merupakan pilihan dari para Dewan Juri.

Adapun Dewan Juri dalam lomba ini terdiri dari unsur Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kabupaten Lumajang, Penggiat dan Seniman Batik, juga Admin Grup Facebook Lumajang.

Untuk Penyerahan hadiah dari lomba ini direncanakan tanggal 14 Desember 2016 bersamaan dengan Malam Anugerah Pajak 2016 yang bertempat di Pendopo Kabupaten Lumajang. Di mana acara ini akan dihadiri oleh seluruh Kepala Desa dan Camat se-Kabupaten Lumajang, Bapak Bupati Lumajang yang berkenan untuk menyerahkan hadiah kepada masing-masing juaranya.

Dalam Lomba Desain Corak Batik Lumajang ini, 10 besar karya desain terbaik yang dipilih oleh juri ditetapkan menjadi Hak Milik Panitia, namun Hak Cipta tetap melekat pada para desainer. Hal ini perlu kami cantumkan agar ada kesepahaman antara panitia, dewan juri dan peserta lomba.

Gagasan ini awalnya muncul dari salah satu member Grup Lumajang Bapak Isaac 'de Lumajang Property yang disampaikan kepada Admin Grup Lumajang Ainun Yaqin, Finsa Ferdifiansyah, dan Agus Efendi, yang pada waktu itu anggota Grup Lumajang beberapa kali mengikuti pelatihan membatik di Omah Sinau Gesang.

Setelah dibahas bersama oleh Admin dan member Grup Lumajang di antaranya  Edy, Isaac 'de Lumajang Property, Sonang Steven Vai, Suwarso Abdul Saleh, Riyadus Solihin, Alex Kusuma, Taufiq Adelia Chiby, Ahmad Rofiq, Wudy Jaya, Agladiol Gitaris Panji Renata, Rahadiyan Raden, Bendy Aza, Setiawan Samco, Eko Jack Sparrow, dan Wawan Alam Hutan, maka disepakati untuk menyelenggarakan acara Lomba Desain Corak Batik Lumajang yang bekerjasama dengan Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kabupaten Lumajang selaku Pembina Batik se-Kabupaten Lumajang.

Terima kasih yang sebesar-besarnya kepada teman-teman member Grup Facebook Lumajang pada khususnya dan kepada teman-teman komunitas yang ada di Lumajang, antara lain Siti Murniasih dan Omah Sinau Gesang, TAAL-Jatim dengan Taufiq Adelia Chiby, LumajangSatu oleh Babun Wahyudi, serta mas Bendy Aza dengan grup Jempol.

Banyak sekali masukan dari teman-teman lintas komunitas ini, sehingga bisa terus menerus menyempurnakan diri dalam perlombaan ini. Semoga acara Lomba Desain Corak Batik Lumajang ini mampu memberikan sedikit sumbangan pemikiran maupun ide kreatif bagi Pemerintah Kabupaten Lumajang dalam pengembangan Batik Lumajang sebagai salah satu potensi kekayaan budaya.

Ferdifiansyah 780
#Harjalu 761 #Grup Facebook Lumajang #Lumajang

© 2018 visitlumajang.com