Robi Navicula: Nyanyian Sang Petani di Lumajang Liburan Indie #1

1 Mei 2017 10:51 Liburan Indie
Robi Navicula: Nyanyian Sang Petani di Lumajang Liburan Indie #1 Robi Navicula di puncak acara Youth Fest: Liburan Indie #1 di Lumajang (30/04). VisitLumajang/dna

Sebelumnya, nama Lumajang yang 'melegenda' dengan peristiwa terbunuhnya petani Salim/Kancil beberapa tempo lalu membuat orang nyaris ketakutan setiap menyebut namanya. Padahal tak banyak yang diketahui orang di luar sana bahwa Lumajang juga memiliki potensi pemuda yang kreatif.

Ini terbukti dengan sukses diadakannya Youth Fest: Liburan Indie #1 di GOR Wira Bhakti Lumajang, Minggu (30/01). Gaung acara yang diinisiasi oleh sekelompok pemuda kreatif yang tergabung dalam Kingkong Project ini menandakan, bahwa dengan sekelumit ide yang dituangkan dalam project berbasis komunitas, pesan-pesan moral dapat tersampaikan dan diterima dengan baik oleh generasi muda.

Acara itu sendiri meriah dengan beragam sajian dari komunitas film indie, komunitas kopi, band indie, mural art dan kehangatan bersua dengan pemuda-pemudi dari penjuru Lumajang. Puluhan band indie yang mewarnai acara ini baik dari lokal Lumajang maupun luar daerah juga patut diapresiasi.

Bicara soal event tak lepas rasanya jika tak bicara bintang tamunya, dan yang spesial dari event ini adalah kehadiran Gede Robi Supriyanto a.k.a. Robi Navicula. Robi adalah seorang musisi, aktivis, penulis, dan petani permakultur. Navicula sendiri adalah band rock alternatif Bali yang gigih menyuarakan pesan-pesan perubahan lewat musik.

Di balik sosok Robi yang terlihat garang dan 'musisi banget' ia adalah permaculture designer bersertifikat, yang artinya ia memiliki kapabilitas untuk memberi pendidikan cara bertani organik. Pesan dia agar anak muda belajar bertani dan menghargai perjuangan petani juga dituangkan dalam beberapa lagu yang dibawakannya di Lumajang Liburan Indie #1.

Hasil pencapaian Robi salah satunya adalah masuk dalam jajaran Asia 21 Young Leaders 2016, di mana di suatu kesempatan Robi pernah berkata, "Leadership adalah bekerja keras untuk sesuatu yang lebih besar dari dirinya sendiri. Seorang pemimpin harus berkontribusi pada masyarakat, lingkungan, dan masa depan."

Pesan ini yang juga terus dibawa oleh Robi di berbagai tempat di mana ia bernyanyi. Dan lagu Robi seperti 'Balada Pak Tani' akan terus mengingatkan kita untuk menghargai jasa petani di republik ini.

Dnadyaksa Tirtapavitra 356
#Lumajang #Seni Budaya #Event #Media Partner #GOR Wira Bhakti #Liburan Indie #Musik Indie

© 2018 visitlumajang.com