Warga Banyuputih Lor Digegerkan Saat Menggali Lubang Sampah, Apa yang Ditemukannya?

13 Maret 2017 13:47
Warga Banyuputih Lor Digegerkan Saat Menggali Lubang Sampah, Apa yang Ditemukannya? Bata yang diduga bagian dari struktur candi di Banyuputih Lor, Lumajang (Dok. Yopi Aris/VisitLumajang)

Ahmad Juraidi, Warga Dusun Krajan 2 RT 22 RW 7 Banyuputih Lor terkejut saat mendapati apa yang ditemukannya saat menggali tanah untuk lubang tempat sampah.

Di lubang yang digalinya tersebut, ditemukan puluhan batu bata merah berukuran besar yang diduga sebagai struktur candi. Penasaran dengan temuan itu, Yopi Aris Widianto dan Bambang Susanto pegiat sejarah Lumajang datang ke lokasi (12/03) untuk melihatnya secara langsung.

Untuk lokasi penemuan struktur yang diduga candi ini sendiri ada di Banyuputih Lor, Kecamatan Randuagung, tepatnya di Dusun Taying.

"Sebenarnya penemuan struktur batu bata ukuran besar ini sekitar 2 tahun lalu, awalnya saya melakukan penggalian untuk membuat lubang sampah. Saya terkejut karena menemukan struktur bangunan di area galian tersebut, batu batanya besar-besar, tentu ini adalah peninggalan nenek moyang kita dulu," ungkap Ahmad Juriadi sebagai pemilik tanah kepada Yopi.

Penggalian lubang itu awalnya untuk membuang kotoran burung puyuh, karena saat itu putra Ahmad Juriadi memiliki usaha ternak puyuh. Ternyata banyak batu batanya dan terstruktur berundak.

Sejauh ini belum ada langkahnya untuk melaporkan temuan tersebut kepada pemerintah atau pihak terkait, meskipun sudah berulang kali didorong oleh Bambang Susanto sebagai teman dekatnya untuk melaporkannya.

Dnadyaksa Tirtapavitra 466
#Lamajang Tigang Juru #Disparbud Lumajang #Candi #Randuagung

© 2018 visitlumajang.com