9 September Diperingati Sebagai Hari Olahraga Nasional, Ini Sejarahnya

Lahirlah Pekan Olahraga Nasional

Hasil dari konferensi yang diadakan oleh Persatuan Olahraga Republik Indonesia adalah penyelenggaraan kompetisi olahraga dalam negeri, Pekan Olahraga Nasional pertama di Indonesia.

Penyelenggaraan kompetisi nasional tersebut disebut sebagai bukti bahwa Indonesia baru saja merdeka, mampu menyelenggarakan kegiatan olahraga skala nasional.

Ajang Pekan Olahraga Nasional I tersebut dibuka secara resmi pada 9 September 1948 di Stadion Sriwedari, Solo. Dari tanggal pembukaan PON I itulah cikal bakal lahirnya Hari Olahraga Nasional.

Hari Olahraga Nasional 2022 yang bertajuk 'Bersama Cetak Juara' menampilkan filosofi logo yang menjadi simbol kolaborasi untuk suksesnya implementasi Desain Besar Olahraga Nasional di tahun 2022.

Desain Besar Olahraga Nasional adalah dokumen rencana induk yang berisikan kebijakan pembinaan dan pengembangan keolahragaan nasional.

Dan juga menampilkan ikon Ibu Kota Nusantara yaitu Provinsi Kalimantan Timur tempat diselenggarakannya puncak Hari Olahraga Nasioanl 2022.

Selamat Hari Olahraga Nasional atlet, pelatih dan seluruh pihak yang turut membesarkan olahraga Indonesia. Bersama Cetak Juara kita bangga menjadi Indonesia.