Air Terjun Indrowati yang Eksotik di Ranu Bedali ini Ternyata Menyimpan Cerita Misteri

Air Terjun Indrowati di Ranu Bedali via @wiliargo

Tak banyak yang tahu bahwa Ranu Bedali yang merupakan salah satu dari segitiga ranu (danau) di Lumajang ternyata juga memiliki potensi air terjun.

, inilah nama air terjun yang berlokasi di Desa Ranu Bedali, Kecamatan Ranuyoso, Lumajang. Untuk menuju ke sana, dari pintu masuk Ranu Bedali kamu masih harus turun ke bawah.

Jalan setapak, sebagian sudah dipaving, bukan menjadi halangan berarti buat kamu yang biasa berjalan kaki. Meskipun akan sedikit melelahkan untuk kamu yang jarang berpetualang, apalagi kaum rebahan.

Hati-hati jika berkunjung ke air terjun ini saat musim hujan, karena beberapa titik jalan yang cukup curam. Lelahmu akan terbayar begitu sampai di Air Terjun Indrowati, dengan pesona hutan di sekitarnya.

Air Terjun Indrowati dengan ketinggiannya mencapai 20 meter memang sangat eksotik. Indrowati; sebagian menyebut Indrawati; dipercaya adalah nama penunggu gaib di kawasan ini.

Masyarakat setempat meyakini bahwa Indrowati adalah sosok perempuan gaib yang bertapa di sebuah pohon besar, tak jauh dari air terjun. Pohon besar ini akan kita lewati saat berjalan kaki menuju air terjun.

Karena itulah setiap kali melewati pohon yang amat besar, siapapun tidak diperkenankan untuk meludah, membuang sampah, mengumpat atau melakukan hal kotor di sekitar pohon.