Air War Show Sikatan Daya 2023 di AWR Pandanwangi Jadi Military Tourism Lumajang

Para personel TNI yang terlibat sesi latihan di Air War Show Sikatan Daya 2023. Foto: Visit Lumajang/Ahmad VL

Mengenalkan Alutsista Milik TNI

Di tengah kegiatan Air War Show Sikatan Daya 2023, pesawat tempur militer tampak melepaskan tembakan ke arah sasaran di darat. Aksi tembakan sniper maupun bom ke musuh juga dilakukan. Tak lupa puluhan personel pasgat diterjunkan dari udara untuk melawan musuh di darat.

"Tadi, kita lihat semua manuver pesawat AU jenis F16 Sukhoi, T50 dan lainnya. Latihan ini merupakan bagian dari pembinaan kemampuan dan kesiapsiagaan operasional untuk melaksanakan tugas operasi militer," jelas Tonny pada awak media.

Faktanya, selain sebagai ajang untuk latihan tempur, kegiatan Air War Show Sikatan Daya 2023 juga sekaligus untuk memperkenalkan kepada masyarakat akan alutsista yang dimiliki TNI.

AWR Pandanwangi tidak hanya menjadi sarana latihan, tapi juga menumbuhkan ekonomi melalui wisata militer  atau disebut juga military tourismTerlihat dari antusiasme masyarakat untuk menyaksikan langsung latihan Sikatan Daya 2023.

Di antara lautan manusia yang menonton pertunjukan, Yenny warga asal Kabupaten Jember bahkan rela datang ke Lumajang untuk bisa menyaksikan secara langsung latihan perang ini.

"Saya datang dari Jember untuk bisa nonton ini, ini sudah kedua kalinya. Meskipun di sini agak ramai dan panas tapi sejauh ini pertunjukkannya bagus dan keren," ujar Yenny.

Sejumlah alutsista TNI AU yang unjuk gigi di sesi latihan ini antaranya pesawat tempur F16, pesawat tempur T50, pesawat tempursukhoi, super tucano, Hercules, C13 Hercules, C212, Boing 737, Helikopter Super Puma, Helikopter Puma dan beberapa kendaraan darat.