Banyak Sampah di Hutan Pinus Poncosumo Lumajang, Pengunjung Diajak Jaga Kebersihan

Sejumlah pihak yang ikut membersihkan kawasan Hutan Pinus Poncosumo. Foto: Istimewa/Visit Lumajang

Yuk! Jaga Kebersihan Lingkungan

"Kerja sama tim, dari Kelompok Bank Sampah Induk Sumber Kahuripan Desa Sumberwuluh mengambil sampah-sampah di Kalipinusan Poncosumo. Terima kasih kepada pemilik warung di Kalipinusan Poncosumo yang juga ikut membersihkan sampah yang ada," ungkapnya.

Di sisi lain, Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Lumajang, Hertutik mengapresiasi langkah pengelola Bank Sampah Desa Sumberwuluh yang secara aktif berkontribusi menjaga kebersihan Hutan Pinus Poncosumo.

"Pengelolaan sampah adalah tanggung jawab semua pihak. Kami sangat mengapresiasi kegiatan yang dilakukan oleh KSM Pengelola Bank Sampah Induk dalam penanganan sampah di kawasan wisata Poncosumo," ujar Hertutik.

Hertutik juga berterima kasih sebab sarana prasarana pengelolaan sampah di Desa Sumberwuluh yang sudah dibangun oleh Pemerintah Kabupaten Lumajang dimanfaatkan dengan baik oleh masyarakat.

Upaya tersebut menunjukkan jika partisipasi masyarakat dalam penanganan sampah di Desa Sumberwuluh sudah mulai mengalami peningkatan.

Di akhir, Hertutik memberikan imbauan kepada masyarakat, terutama para pengunjung atapu wisatawan agar lebih bijak dalam menikmati alam dengan cara menjaga kebersihan lingkungan.

"Ayo kelola sampah dengan baik, ciptakan lingkungan yang sehat, peduli lingkungan, selamatkan masa depan. Semoga upaya ini dapat membentuk kesadaran kolektif untuk melestarikan keindahan alam dan kebersihan lingkungan," pungkas Hertutik