Belanja Sayuran Segar Langsung Dari Lahan Petani Lumajang

Sayuran yang dipanen langsung oleh petani dari lahan ketika ada pembeli di Gerbas Tani. Foto: Ahmad VL/Visit Lumajang

Event Tahunan yang Bisa Meningkatkan Perekonomian

"Enak bisa langsung ambil sayurnya dari lahan, harga lebih murah dari pasar. Ini dapat banyak sayuran," ungkap Siska, salah seorang pengunjung Gerbas Tani pada Kamis, 03 Agustus 2023.

Pengunjung lainnya, Siti Fatimah juga mengaku berbelanja dengan konsep outdoordi wilayah persawahan lebih nyaman karena suasananya yang lebih asri.

"Lebih enak disini, suasana asri dan segar. Bisa memilih langsung sayurnya dan lebih fresh pilihannya banyak," ujar Siti Fatimah saat menikmati berbelanja di eventGerbas Tani.

Sementara itu, Kepala Desa Kedungrejo, Haryanto menuturkan pemerintah desa rutin menggelar event ini setiap tahun ketika memasuki musim panen. Ia juga menyampaikan bahwa terdapat 18 varietas tanaman yang disediakan di Gerbas Tani yang berasal dari lahan di wilayah Desa Kedungrejo.

"Ada sekitar 18 varietas tanaman, kami juga bekerja sama dengan pihak P4S (re: Pusat Pelatihan Pertanian dan Pedesaan Swadaya) untuk menggelar event ini," tutur Haryanto.

Sementara itu, Bupati Lumajang Thoriqul Haq yang turut hadir dalam acara mengungkapkan gerakan ini dapat menjadi alternatif pertumbuhan ekonomi bagi para petani. Hal tersebut terbukti sejak tahun 2020 hingga saat ini ada peningkatan daya beli warga.

"Program tahunan ini terus berlangsung dengan inovasi yang semakin nampak dan hasilnya semakin kelihatan peningkatannya," ungkap bupati.