Bukit Batitang, Savana Cantik di Perbatasan Lumajang Probolinggo

Bukit Batitang di perbatasan Lumajang dan Probolinggo via @emiravia

Akses Jalan Menuju Bukit Batitang

"Jalan menuju ke Bukit Batitang emang jarang dilalui orang. Kalaupun ada jalur ini biasa hanya digunakan untuk warga setempat yang mencari rumput atau pencari kayu," ungkap dara cantik ini.

Meskipun akses jalan ke sini relatif lebih mudah ditempuh dari Ranuyoso Lumajang, secara administratif Bukit Batitang masuk dalam wilayah Desa Ranugedang, Kecamatan Tiris, Kabupaten Probolinggo.

Sampai di sini, Visiters cukup membayar parkir sejumlah 5 ribuan per-motor. Ada warung yang menyediakan air dalam jerigen seharga 5 ribuan dan ada toiletnya juga, jadi kamu juga bisa shalat.

Untuk menuju ke puncak, pengunjung harus berjalan kaki sekitar 5 kilometer dari area parkir sepeda motor di pemukiman warga Desa Ranugedang.

Banyak Visiters yang ingin berlama-lama di Bukit Savana Batitang ini. Ada yang langsung pulang setelah sunset, dan ada pula yang sengaja membawa tenda untuk camping bersama kerabatnya.

Iya benar, jika sore hari Visiters bisa menikmati terbenamnya matahari atau sunset, dan paginya kamu bisa menikmati terbitnya matahari alias sunrise.

Untuk menuju ke sini emang nggak mudah, bukan hanya akses jalannya yang susah tapi juga membingungkan, jadi mending Visiters minta bareng warga lokal atau orang yang udah pernah ke sini.