Demonstrasi Paramotor dan Pesawat Tempur di AWR Pandanwangi, Event Military Tourism di Lumajang

Latihan Tempur Sikatan Daya 2020 di AWR Pandanwangi via @thoriqul.haq

39 Pesawat Tempur di Sikatan Daya 2020

Total ada 39 pesawat tempur yang dilibatkan dalam Sikatan Daya 2020 ini, terdiri dari skadron udara tempur, angkut, intai dan helikopter.

Sejumlah skadron udara dilibatkan, di antaranya 4 pesawat Sukhoi dari Skadron Udara 11 yang akan tergabung dalam Satuan Pesawat Tempur (Satpespur) dengan sejumlah pesawat F-16 dari Skadron Udara 3.

Ada juga pesawat Su-27/30 dari Skadron Udara 14, pesawat T-50i dari Skadron Udara 15, serta pesawat EMB-314 Super Tucano dari Skadron Udara 21 Lanud Abdulrachman Saleh, Malang, Jawa Timur.

Dikutip dari TimesIndonesia, Sikatan Daya 2020 menyimulasikan beberapa operasi udara, di antaranya operasi intelijen udara, serangan strategis, perlawanan udara maupun darat, serta operasi dukungan udara.

Bupati Lumajang Thoriqul Haq, di laman Facebook-nya menyatakan harapan Pemkab Lumajang mengkolaborasikan latihan tempur TNI di Lapangan Tembak AWR Pandanwangi dengan agenda kegiatan kepariwisataan Lumajang.

"Saya sempat berdiskusi beberapa saat dengan KASAU (Kepala Staf Angkatan Udara) Marsekal TNI Fadjar Prasetyo, polanya saling menguatkan dalam prioritas persiapan teknis yang terkolaborasikan," ungkap Cak Thoriq.

Latihan tempur Sikatan Daya 2020 masih akan berlanjut sampai tanggal 30 September 2020 besok. Masih akan ada aksi Air To Ground Sukhoi dan F16, serta Static Show Education helikopter Super Puma di Lapangan Tempeh Kidul.