Disarpus Lumajang Gelar Forum Konsultasi Publik Guna Tingkatkan Pelayanan Publik

Pustakawan Chindy Vionariska saat penyampaian program Disarpus Lumajang (25/03). Foto: Visit Lumajang/Dnadyaksa

Upaya Peningkatanan Layanan Publik

Di sisi lain, Kepala Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Kabupaten Lumajang, Paimin AP mengungkapkan bahwa tujuan kegiatan Forum Konsultasi Publik ini guna memperoleh saran dari pihak eksternal.

Pihak eksternal dari penyelenggara layanan, pengguna layanan, stakeholder pelayanan publik, ahli/praktisi, organisasi masyarakat sipil dan media massa dapat memberikan kritik dan saran demi kemajuan Kearsipan dan Perpustakaan.

"FKP ini menjadi wadah untuk saling memberikan kritik dan saran demi kemajuan Kearsipan dan Perpustakaan. Pentingnya dialog antara pemerintah dengan pihak dari penyelenggara layanan, pengguna layanan, stakeholder pelayanan publik, ahli/praktisi, organisasi masyarakat sipil dan media massa," ujarnya.

Paimin menambahkan, pihaknya akan terus berbenah merujuk dari kritik dan saran yang sudah disampaikan oleh beberapa peserta Forum Konsultasi Publik (FKP) 2024 ini.

Selain itu, dirinya juga ingin masyarakat lebih sering mengunjungi Perpustakaan Mula Malurung guna meningkatkan minat baca dan budaya literasi.

"Kami berharap kepada masyarakat agar lebih sering berkunjung ke Perpustakaan Daerah Lumajang dalam rangka untuk meningkatkan minat baca dan mengembangkan budaya literasi khususnya di Kabupaten Lumajang," harapnya.

Perlu diketahui bahwa, hasil indeks kepuasan masyarakat berdasarkan hasil Survei Kepuasan Masyarakat (SKM) terhadap Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Kabupaten Lumajang mendapat nilai 80,14 pada tribulan 2, lalu 80,03 di tribulan 3 dan meningkat menjadi 82,47 di tribulan 4 .