Ekspor Perdana Daun Talas Beneng Hasil Petani Lumajang ke Amerika Serikat

Wakil Bupati Lumajang, Indah Amperawati saat melepas Ekspor Daun Talas Beneng. Foto: Visit Lumajang/Istimewa

Ekspor Perdana Petani Daun Talas Beneng Lumajang

Wakil Bupati Lumajang mengharapkan, kedepannya produksi daun talas beneng dari 1.800 petani di Lumajang bisa bertambah sehingga nilai ekspor juga meningkat.

"Ini ekspor perdana sebagai pembuka, harapan kita produksi bisa terus bertambah bersamaan dengan bertambahnya petani-petani yang tertarik untuk menanam talas beneng," ungkap Bunda Indah.

Sementara itu, Siti Khoiriyah atau dikenal sebagai Ratu Talas mengungkapkan, bahwa ekspor perdana tersebut, nantinya akan tergabung menjadi satu bersamaan dengan Kabuaten Jombang dan Kediri.

"Ekspor perdana ini sebenarnya ada tiga kontener, jadi yang pertama berasal dari Kabupaten Lumajang, kemudian ada dari Kabupaten Jombang dan Kediri," ujar Sang Ratu Talas.

Siti Khoiriyah juga menerangkan jika talas beneng juga diasumsi dapat diolah menjadi berbagai macam produk seperti teh herbal dan kosmetik.

"Daun Talas beneng ini bisa dimanfaatkan menjadi macam-macam olahan, baik teh herbal maupun kosmetik," jelas Siti Khoiriyah.

Sang Ratu Talas tak lupa menyampaikan apresiasi kepada pemerintah, perhutani serta CV. Talas Jaya Nusantara karena telah memberi dukungan kepada para petani talas di Kabupaten Lumajang.