Hijrah itu Mudah, Yang Berat Istiqamah

Foto ilustrasi via @visitlumajangproject

Momentum dan Makna Hijrah

Mengapa demikian? Masih ingat kisah sahabat nabi, seorang wirausahawan sukses bernama Abdurrahman bin Auf? Dalam berbagai buku sirah betapa beliau digambarkan sosok kaya raya di zamannya.

Tetapi, saat memutuskan untuk bergabung bersama Rasulullah dan para sahabatnya untuk berhijrah ke Madinah maka ditinggalkannya seluruh harta kekayaannya. Tak sedikitpun ia bawa.

Hingga kemudian Rasulullah SAW mempersaudarakan beliau dengan kaum Anshar yang juga merupakan seorang saudagar kaya di Madinah, Sa'ad Ibnu Sarabil.

Dalam sebuah hadits dikatakan bahwa, "Sesungguhnya jika engkau meninggalkan sesuatu karena Allah, niscaya Allah akan memberi ganti padamu dengan yang lebih baik." (H.R. Ahmad)

Hingga kemudian seiring berjalannya waktu, Allah menggantikan dengan kekayaan yang semakin berlimpah kepada Abdurrahman bin Auf tersebut.

Momentum kisah hijrah Nabi Muhammad ini menjadi landasan kita memahami makna hijrah yang sesungguhnya, pun disebut tahun baru Hijriyah agar kaum Muslimin mengingatnya.

Setelah kita tahu makna dari hijrah dan momentum hijrah dari kisah Rasulullah SAW itu bersama para sahabatnya. Apa kemudian yang harus kita lakukan?