Ingin Membangun Desa, Pemuda Supiturang ini Putuskan Kembali ke Kampung Halaman

Semeru saat mengeluarkan lahar 16 Januari 2021. Foto via AFP/Agus Harianto

Potensi Desa Supiturang Kecamatan Pronojiwo

"Sejak balik kampung, saya selalu bersosialisasi dengan kawan-kawan sekampung untuk berkegiatan positif. Misi kami mengangkat potensi di desa kami, khususnya potensi pariwisata," imbuhnya.

Ada tantangan tersendiri dalam mengangkat potensi wisata di Desa Supiturang, apalagi mulai dari nol. Salah satu yang menjadi daya tarik adalah panorama Semeru dari Desa Supiturang.

"Yang viral belakangan ini adalah jalan di area persawahan antara Dusun Gumukmas dan Dusun Sumbersari, banyak yang memburu foto dari jalan kecil tersebut dengan latar belakang Gunung Semeru," papar Agus.

Tahun lalu, Agus bersama beberapa pemuda berencana mengembangkan Bukit Padat, sebuah bukit kecil yang berada di Dusun Sumbersari, Desa Supiturang, Kecamatan Pronojiwo, Kabupaten Lumajang.

"Bukit tersebut cukup potensial untuk dikembangkan sebagai obyek wisata, kami berencana membangun camping area dan mini glamping dengan menggandeng masyarakat setempat," tambahnya.

Menurutnya, Bukit Padat merupakan spot terbaik untuk melihat sunrise dan view Gunung Semeru. Sayangnya akses jalan menuju ke tempat ini masih berupa jalanan terjal.

Agus menuturkan tahun depan akan ada kejutan potensi wisata dari Desa Supiturang, selain mengembangkan Bukit Padat dengan view Semeru, akan ada konsep wisata yang mengangkat pertanian di Desa Supturang.