Jalan-jalan Sambil Belajar di Air Terjun Kapas Biru Lumajang

Kawasan Air Terjun Kapas Biru yang terletak di bagian selatan Kabupaten Lumajang. Foto: Ade/Visit Lumajang

Mengenal Tanaman Liar di Air Terjun Kapas Biru

Untuk bisa mengkonsumsi pakis, bisa dipilih bagian yang masih muda. Ciri-ciri daun pakis yang masuk muda yaitu bentuknya masih melengkung.

Kemudian, di kawasan air terjun juga terlihat terung pipit, atau dikenal juga dengan nama pokak.Tumbuhan ini selain bisa dimakan sebagai sayuran juga memiliki khasiat.

Tumbuhan berbuntuk bulat kecil berwarna hijau ini berdasarkan ipb.ac.id bermanfaat untuk pengobatan penyakit kulit, memiliki antioksidan, dan kandungan di dalamnya juga melindungi jaringan tubuh dari efek negatif radikal bebas.

Selain sayuran di sekitar Air Terjun Kapas Biru juga terdapat tumbuhan obat dengan nama latin Ageratum conyzoides.Tidak hanya di area air terjun tumbuhan ini dapat tumbuh liar di sekitar kita.

Berdasarkan salah satu jurnal Unpad tumbuhan tersebut memiliki banyak manfaat farmakologis seperti antidiabetes, antiinflamasi, ansiolitik, analgesik, antioksidan, antibakteri.

"Ini itu bisa jadi obat demam alami. Cara pakainya ini nanti bisa ditumbuk, diseduh kemudian bisa diminum," lanjut Kak Sintia.

Gimana, main-main di Air Terjun Kapas Biru sambil belajar mengenal alam ternyata kelihatan seru. Kalau Visiters biasanya main ke tempat wisata Lumajang sambil apa? Piknik? Atau ada kegiatan lain?