Kegagahan TNI AD dalam Latbakjatrat di AWR Pandanwangi

Latihan Menembak Senjata Berat (Latbakjatrat) Terintegrasi TA 2023. Foto: Visit Lumajang/Ahmad VL

Modernisasi Alutsista Untuk Optimalkan Kemampuan Prajurit

"Ini untuk melatih naluri prajurit kami dalam kondisi dan waktu apapun serta andal dalam menghadapi ancaman serangan pesawat udara maupun rudal balistik," jelas Dudung pada Kamis, 28 September 2023.

Sejumlah alutsista andalan TNI AD dikerahkan dalam latihan diantaranya rudal canggih yang dilengkapi oleh Radar Shikra dan radar MCV dengan jarak jangkau hingga 30 km.

Selain itu juga terdapat berbagai jenis meriam yang dimiliki satuan Arhanud seperti rudal mistral, starstreak, serta meriam kaliber 20 mm, 23 mm, 40 mm dan 57 mm.

Meriam Arhanud dengan berbagai ukuran kaliber pelurudi atas digunakan untuk melakukan uji tembak dalam simulasi perang ini.

Dudung mengungkapkan, kedepannya untuk mengoptimalisasikan kemampuan prajurit, pihaknya akan melakukan modernisasi alutsista sesuai kondisi ancaman global zaman sekarang.

Maka dari itu, pihaknya akan mengusulkan modernisasi alutsista kepada Kementerian Pertahanan untuk mewujudkan hal tersebut.

"Kedepannya akan kami sampaikan ke Menhan kondisi alutsista terutama meriam yang kami miliki agar dilakukan modernisasi sehingga bisa terus berkembang sesuai dengan ancaman saat ini," pungkas Dudung.