Konsistensi Gatra untuk Semarak Literasi di Lumajang

Pameran karya penulis Lumajang di Perpustakaan Daerah Lumajang. Foto via @s_hadiwasito

Potensi Penulis Lumajang

"Banyak penulis Lumajang yang hebat-hebat, tapi ada beberapa yang belum mengenal. Dengan kegiatan ini harapan kami selain bisa silaturahmi juga bisa bersinergi berkelanjutan," pungkasnya.

Senada dengan hal tersebut, Plt. Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Kabupaten Lumajang, Ir. Nugroho Dwi Atmoko menyambut baik akan adanya kegiatan tersebut.

Nugroho menjelaskan membuka kesempatan yang seluas-luasnya kepada para pegiat literasi untuk bekerjasama dengan Perpustakaan Daerah Kabupaten Lumajang dalam menyemarakkan literasi Lumajang.

"Banyak penulis Lumajang yang handal meski dalam data statistik indeks literasi di Lumajang masih berada di posisi 3 besar dari bawah di antara 38 kabupaten di Jawa Timur," ungkap Nugroho.

"Namun saya yakin bahwa dengan fakta banyak penulis di Lumajang, ini menunjukkan bahwa literasi di Lumajang tidak bisa diragukan lagi potensinya," imbuhnya.

"Harapan kami dengan terbentuknya forum komunikasi penulis Lumajang bisa bersinergi berkelanjutan dalam menumbuhkan minat literasi masyarakat dengan keunikan masing-masing para pegiat literasi," tukasnya.

Nugroho juga memaparkan ini menjadi awal yang baik untuk mengkolaborasikan dan menyinergikan antara pemerintah daerah dengan pegiat literasi, antara penulis dan penerbit, antara penerbit, penulis dan masyarakat.