Launching Kafe Warna-Warni di Tirtosari View, Diresmikan Gubernur Jatim dan Bupati Lumajang

Gubernur Jatim, Bupati Lumajang dan beberapa social media influencer di Tirtosari. Foto via @visitlumajang

Pariwisata Kolaboratif dan Interkoneksi

"Untuk spot foto underwater misalnya, tolong dijaga sumber airnya dan kejernihan air. Seluruh wisatawan yang hadir di sini juga mohon bisa menjaga keasrian dan daya dukung alam," pesan Khofifah.

"Supaya makin banyak orang yang bisa menikmati dan ketagihan kembali ke sini," imbuh Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa.

Sementara itu, Bupati Lumajang Thoriqul Haq mengatakan bahwa Kabupaten Lumajang memiliki konsep pariwisata yang kolaboratif.

Di mana misalnya beberapa spot keolahragaan dikemas satu kesatuan dan saling menguntungkan dengan menempatkan venue-nya di tempat wisata.

Beberapa di antaranya seperti BMX Cross di Wisata Selokambang, sirkuit sepatu roda di area Gunung Tambuh Pasirian, serta area BMX di Kebun Teh Kertowono.

"Bila ini saling menunjang maka optimalisasi potensi ini bisa dikembangkan dan dikolaborasikan. Harapannya ini akan jadi fokus antara satu program dengan program yang lain dan bisa saling menguatkan," kata Cak Thoriq.

"Kami ingin menjadi bagian kepariwisataan yang interkoneksi," pungkasnya. Pada kesempatan ini, orang nomor satu di Lumajang ini juga melepaskan ikan koi di area wisata spot foto underwater bersama Gubernur Jatim.