Lewat Lomba Mewarnai, Gepala Tanamkan Gerakan Cinta Lingkungan sejak Dini

Pemenang Lomba Mewarnai HUT ke-15 Gepala. Foto: VisitLumajang/def

Sejarah Generasi Pecinta Alam Lumajang

Gepala berdiri sejak 2005, atas dasar kesamaan hobi mendaki gunung. Kemudian berkembang jadi organisasi sosial yang mengkhususkan diri pada program pelestarian lingkungan.

Secara resmi, Gepala memiliki legalitas organisasi per-tanggal 1 April 2007. Sejak itu beragam kegiatan mulai digelar seperti lomba mewarnai dan kegiatan pecinta alam.

"Selain pendakian gunung, kami secara berkala juga bergabung dengan organisasi pecinta alam lain dalam kegiatan Bersih Ranupani," tambah Rilanto.

Tak hanya itu, Gepala juga menggelar latihan bersama mountaineering, panjat tebing serta membangun unit usaha outbond untuk mendukung kegiatan organisasi.

Sejak awal didirikan, Gepala punya misi untuk mendidik generasi muda agar mencintai alam. Termasuk bertahan diri di alam, melatih anggota dalam kegiatan pendakian gunung serta jelajah medan/rimba.

Gepala berkembang baik sampai kemudian vakum di tahun 2015 - 2018 karena masalah internal. Di tahun 2019 ini, Gepala terus mengembangkan kegiatan baik internal maupun eksternal.

"Kami berterimakasih kepada Pemkab dan Dispora Lumajang yang memberikan fasilitas untuk kegiatan ini, tak lupa terimakasih kepada sponsor yang turut mendukung," tandas Rilanto.