Lumajang Berpartisipasi Dalam Musrenbang RKPD 2024 Untuk Wujudkan Jatim Bangkit

Kegiatan Musrenbang RKPD Provinsi Jawa Timur Tahun 2024. Foto: Istimewa/Visit Lumajang

Penekanan Prioritas Pembangunan

"Dalam musyawarah saat ini, prioritas pembangunan RKPD Provinsi Jawa Timur Tahun 2024 berfokus mewujudkan pendidikan berkualitas, peningkatan pelayanan kesehatan, percepatan penurunan kemiskinan, serta penurunan stunting dan penyakit lainnya", kata Bunda Indah.

Selain penanganan perihal layanan masyarakat juga dilakukan penanganan terkait infrastruktur, ekonomi, serta penyelanggaraan pemilu menjadi prioritas.

"Percepatan pembangunan infrastruktur dan pelayanan dasar, pengendalian inflasi, peningkatan investasi, peningkatan nilai tambah sumber daya alam, serta penyelenggaraan pemilu dan pilkada yang jujur, adil, damai, dan bermartabat juga menjadi prioritas," tambahnya.

Sementara itu, dijelaskan juga dalam Musrenbang Provinsi Jawa Timur kali ini, Gubernur Jawa Timur menekankan beberapa poin prioritas pembangunan.

Beberapa poin yang dimaksud yaitu pada penurunan kemiskinan yang signifikan, penyelesaian infrastruktur, penurunan angka stunting yang harus tuntas pada tahun 2025.

Dalam Musrenbang RKPD 2024 ini, Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa juga memberikan penghargaan kepada tiga kabupaten/kota sebagai pembangunan daerah terbaik tahun 2023.

Kategori kota diberikan kepada Kota Pasuruan, Malang, dan Kota Kediri. Sedangkan, untuk kategori kabupaten diberikan kepada Kabupaten Lamongan, Situbondo, dan Trenggalek.