Lumajang Peroleh Penghargaan Adipura 2023 dari Kementerian LHK

Sekda Kabupaten Lumajang, Agus Triyono membawa piala Adipura. Foto: Visit Lumajang/Istimewa

Stimulus SDGs di Tahun 2030

Di sisi lain, Menteri LHK RI, Siti Nurbaya Bakar, mengungkapkan bahwa Adipura adalah bagian dari program nasional yang telah dimulai sejak 1986.

Adanya program tersebut bertujuan untuk mengakui serta memotivasi kota dan kabupaten di seluruh Indonesia agar semakin aktif menjaga kebersihan sekaligus mengelola lingkungan secara berkelanjutan.

Siti Nurbaya juga berharap program Adipura dapat menjadi stimulus untuk mencapai target Sustainable Development Goals (SDGs) di tahun 2030.

Khususnya dalam menciptakan kota dan permukiman yang berkelanjutan, sehingga dapat mengurangi dampak lingkungan negatif, mampu menangani masalah sampah, serta dapat menyediakan ruang publik yang aman, inklusif, dan mudah dijangkau.

Dalam momen itu, Sekretaris Daerah Kabupaten Lumajang, Agus Triyono, berterima kasih kepada masyarakat, pemerintah, bersama para pelaku usaha di Lumajang atas dukungan dan kerja sama yang telah diberikan.

Agus berharap Penghargaan Adipura 2023 ini akan berdampak positif serta meningkatkan komitmen bersama untuk menjaga keindahan, kebersihan, dan kenyamanan di Kabupaten Lumajang.

"Prestasi ini merupakan sebuah langkah maju bagi Kabupaten Lumajang dalam upaya pelestarian lingkungan dan pengelolaan sampah, serta dapat menjadi inspirasi bagi daerah lain di Indonesia untuk bergerak bersama menuju lingkungan yang lebih bersih dan berkelanjutan," pungkas Agus.