Lumajang Siap Kembangkan Air Terjun Tumpaksewu, Terbuka Lebar Untuk Investor

Pesona air terjun Tumpaksewu Pronojiwo, Lumajang. Foto via @jhasena

Lumajang, kabupaten di lereng timur Gunung Semeru memiliki banyak potensi destinasi wisata alam. Salah satunya adalah air terjun Tumpaksewu yang terletak di Kecamatan Pronojiwo.

Panorama air terjun Tumpaksewu memang menakjubkan. Mata kita akan dimanjakan aliran air terjun melebar bak tirai raksasa.

Tebing air terjun setinggi sekitar 100 meter lebih menghasilkan percikan embun lembut. Tak heran jika air terjun ini mendapat julukan Niagaranya Indonesia.

Keindahan ini tentu saja menjadi daya tarik wisatawan. Air terjun ini sering menjadi tempat idola kunjungan wisatawan lokal maupun mancanegara.

Melihat potensi wisata ini, Pemerintah Kabupaten Lumajang berencana akan mengembangkan pembangunan pendukung pariwisata baru.

Hotel, restoran, ballroom, area golf, cottages, glamping round, bar and lounge bakal dibangun di sekitar kawasan air terjun Tumpaksewu. Hal itu dilakukan untuk menunjang sektor pariwisata yang ada di sana.

Bupati Lumajang Thoriqul Haq mengaku telah menyiapkan konsep pembangunan beberapa tempat outdoor di area air terjun ini.