Mau Berwisata ke Pemandian? Perhatikan 8 Hal Ini Biar Tidak Tenggelam Saat Berenang

Pemandian alam Tirtosari Penanggal Candipuro. Foto: Visit Lumajang/Dnadyaksa

Air Bisa Menjadi Kawan Atau Menjadi Musuh

Keempat, pakai pelampung. Jika perlu, gunakan pelampung atau alat bantu renang, terutama jika tidak yakin dengan kemampuan berenang kalian. Hal ini berlaku baik di air berarus besar dan air berarus tenang.

Kelima, pantau anak-anak. Untuk para orang tua, selalu awasi dan jaga anak-anak dengan ketat. Ajak mereka berenang di tempat yang dangkal dan aman.

Keenam, hindari alkohol. Jangan mengonsumsi alkohol sebelum atau selama berenang. Karena efek dari alkohol dapat mempengaruhi keseimbangan saat berada di air.

Ketujuh, waspada arus air. Jika berenang di pemandian alam, kekuatan arus air terkadang tidak bisa diprediksi, apalgi jika beru pertama kali mengunjungi tempat tersebut. Biasanya masih ada beberapa spot yang memiliki arus kuat.

Hal tersebut tentu harus diperhatikan sekitar dan hindari tempat-tempat dengan arus yang kuat. Agar saat berenang, kalian tidak terbawa arus.

Kedelapan, beristirahat jika lelah. Segera beristirahat jika merasa lelah, baru kemudian memulai lagi. Namun jika benar-benar lelah, maka sebaiknya kalian menyudahi aktifitas renang demi keselamatan.

Itulah 8 hal yang perlu diperhatikan saat berenang di pemandian biar aman dan tidak tenggelam. Selalu perhatikan keselamatan saat berwisata ke pemandian.