Mengenal Cak Yo, Guide Pendakian Semeru Legendaris asal Lumajang

Cak yo sosok pencinta alam yang semangat untuk membagikan ilmu kepada orang lain. Foto via @cakyo_saversemeru

Upaya Cak Yo Untuk Menggalakan Konservasi

Konservasi adalah gerakan dan upaya untuk belajar mengenai advokasi lingkungan, tentang kehutanan secara umum, pengamatan satwa, perubahan iklim dan lain sebagainya.

Cak Yo tergerak untuk belajar mengenai alam dan konservasi karena tempat tinggalnya berada di kawasan lereng semeru yang notabenenya mayoritas kawasan konservasi.

Agar bisa memberi pengaruh kepada khalayak yang lebih luas, sekitar tahun 2008 atau 2009 Cak Yo mendirikan sebuah organisasi pencinta alam semeru.

Tujuannya supaya membangkitkan semangat teman-teman memahami ilmu tentang alam, petualangan, lingkungan hidup dan konservasi dan mengimplemantasikannya di kehidupan.

Tak hanya itu Cak Yo juga pernah membentuk sebuah organisasi dengan pemuda lokal bernama SAVER (Sahabat Volunter Semeru). Pada tahun 2014 SAVER bermitra resmi dengan TNBTS terakait aktivitas pendakian.

"Kita bisa memberikan edukasi kepada banyak pendaki melalui taman nasional. Dengan taman nasional bekerja sama dengan orang lokal bisa memberikan hasil yang lebih maksimal," pungkas Cak Yo.