Mobil Tamiya Mulai Hits Lagi, Seru Buat Utak Atik Sampai Adu Balap

Mobil Tamiya, mobil mainan rakitan asal Jepang belakangan ini mulai kembali eksis. Foto: Visit Lumajang/Ahmad VL

Keseruan Tamiya di Sirkuit Buatan

Meskipun terdapat beberapa kelas cara memainkan mobil tamiya tak berbeda jauh. Masing-masing mobil Tamiya diletakkan di lintasan balap, kemudian mobil langsung meluncur start box.

Menurut Febri, mobil tamiya bisa beradu kecepatan melewati lintasan yang sudah dibentuk. Lintasan yang dibuat bisa berbentuk lurus, berkelok, naik, turun, hingga trek yang dibuat agar tamiya melompat. 

"Untuk penilaiannya pakai sistem tiga lap dan dipilih mana yang paling cepat itulah yang menang," terang Febri sambil memperlihatkan tamiya miliknya.

Yoga Pratama, salah satu penghobi lain mengaku ia tidak mudah merasa bosan ketika bermain tamiya. Karena, menurutnya bermain tamiya banyak peminatnya dan selalu beregenerasi

Selain itu, bermain mainan mobil mini 4WD (Four Wheel Drive) ini menurut Yoga terasa seperti hobi otomotif. Spare part-nya bisa diganti dan diubah sesuai selera masing-masing pecinta tamiya.

Sementara itu, untuk harga satu set mobil tamiya ini cukup bervariasi. Mulai dari puluhan hingga ratusan ribu rupiah. Namun, untuk tamiya yang sudah dimodifikasi, harganya bisa mencapai angka jutaan rupiah.

"Harganya ada yang Rp35 ribu sampai Rp150 ribuan, tapi kalau sudah diupgrade part-nya bisa habis jutaan, namanya juga hobi," kata Yoga.