Musim Liburan Sekolah, Lazismu Lumajang Gelar Khitan Ceria Untuk Yatim, Piatu dan Dhuafa di RS Muhammadiyah Lumajang

Beberapa peserta khitan saat berfoto bersama pengurus Lazismu dan PD Muhammadiyah Lumajang (24/12). Foto: Visit Lumajang/Dnadyaksa

Khitan Gratis, Pelayanan Profesional dari RS Muhammadiyah Lumajang

Sebelumnya khitanan massal ini turut dibuka dengan pembacaan ayat suci Alquran, sambutan Ketua Lazismu Lumajang Drs. Djatto, M.M. serta Ketua PD Muhammadiyah Lumajang, dr. Halimi Maksum, MMRS.

Khitan Ceria yang digelar Lazismu Lumajang ini dapat terselenggara dengan baik berkat kerjasama dengan RS Muhammadiyah Lumajang baik tempat maupun tenaga medisnya, serta Majelis Telkomsel Taqwa (MTT).

Di tempat yang sama, Enny Kurniawati, S.Kep., Ners., MMRS, Wakil Direktur RS Muhammadiyah Lumajang mengatakan ruangan yang dipakai dalam sunatan massal ini adalah Kamar Rawat Inap Standar (KRIS), yang masih baru dan belum dipakai.

"RS Muhammadiyah ini menjadi satu-satunya rumah sakit di Lumajang yang membangun satu gedung khusus untuk Kamar Rawat Inap Standar atau KRIS. Untuk lantai 2 yang digunakan khitanan hari ini masih baru dan belum dipakai sama sekali," ungkap Enny.

RS Muhammadiyah Lumajang melibatkan 11 tenaga kesehatan (nakes) dalam kegiatan ini, serta beberapa orang sebagai penunjang dan fasilitator. Pelayanan diberikan secara maksimal dalam kegiatan ini.

Khitan dilakukan dengan metode laser, oleh nakes yang sudah terlatih. Setelah khitan, anak bahkan langsung bisa berjalan seperti biasa. Prosesnya tergolong cepat dan aman sehingga anak bisa langsung kembali ceria.

Selain khitan gratis, RS Muhammadiyah juga kerap mengadakan aksi sosial seperti pengobatan gratis di beberapa kegiatan, jadi kami terus bersinergi baik dengan PD Muhammadiyah maupun Lazismu dalam kegiatan sosial.