Optimalkan Dana Bagi Hasil Cukai Tembakau, Lumajang Berikan Pelatihan Kerja

Pelaksanaan pelatihan kerja dari DBHCHT 2022. Foto via Jatim Hari Ini

Pelatihan Kerja untuk Berbagai Jurusan

Uji kompetensi sendiri dilaksanakan di Balai Latihan Kerja (BLK) Disnaker Provinsi Jawa Timur di Kabupaten Jember. Ini karena standar uji kompetensi harus dilaksanakan di lembaga terakreditasi.

"Kegiatan pelatihan kerja tersebut meliputi 5 jenis kejuruan, yakni 2 kejuruan tata boga, 2 kejuruan otomotif, dan 1 kejuruan ketrampilan menjahit," imbuhnya.

Kepala Disnaker Lumajang juga menjabarkan bahwa peserta tanpa dipungut biaya alias gratis. "Dimana, anggarannya bersumber dari anggaran DBHCHT tahun 2022," terangnya.

Dalam pelatihan ini, materi yang diajarkan mengacu pada pedoman yang diterbitkan oleh UU No. 13 tentang Ketenagakerjaan, Permenkeu No. 215 Tahun 2021, serta DPA Disnaker Lumajang Tahun 2022.

"Instruktur yang ditunjuk adalah tenaga pengajar atau diambilkan dari profesional. Ini untuk mengukur tingkat keberhasilan pelatihan, di akhir nanti akan dilaksanakan uji kompetensi," ungkap dr. Rosyidah

"Dalam hal ini pihak kami juga bekerjasama dengan lembaga sertifikasi," pungkas Kepala Disnaker Lumajang dr. Rosyidah, seperti dilansir dari Jatim Hari Ini.