Pantai Dampar, Keindahan yang Tersembunyi di Kabupaten Lumajang

Wisata alam Pantai Dampar, Pasirian. Foto via @djayulestari1

Tak sedikit wisata-wisata alam eksotis di Indonesia berawal dari tempat yang jarang diketahui oleh banyak orang. Jalur yang sulit ditempuh dengan kendaraan hingga akhirnya terbentuk jalan yang mudah dilewati.

Keindahan tersembunyi pantai selatan Jawa, Pantai Dampar. Sesuai namanya pantai ini terletak di sisi selatan Pulau Jawa, tepatnya Dusun Dampar, Desa Bades, Kecamatan Pasirian, Kabupaten Lumajang, Provinsi Jawa Timur.

Pantai dengan hamparan pasir hitam yang berkilau karena sinar matahari, Pantai Dampar juga dikelilingi tebing tinggi sekitar 20 meter yang terlihat unik yang bisa digunakan sebagai backgrounduntuk berswafoto.

Dari kejauhan wisatawan dapat dengan samar melihat Pulau Nusa Barong. Tak hanya itu, perairan yang nampak seperti danau dijadikan wahana air menggunakan perahu untuk mengajak wisatawan berkeliling danau.

Sayangnya, letak pantai yang jauh dari kota membuat wisatawan kesulitan untuk mendapatkan jaringan telekomunikasi sehingga sulit untuk mengabadikan momen secara online.

Jalan menuju lokasi juga sulit dilewati karena banyak jalan berlubang. Namun, hal tersebut bukan halangan besar untuk menikmati keindahan Pantai Dampar.

Wisatawan dapat mengabadikan momen dengan ponsel atau kamera lalu menggunggahnya ke media sosial setelah sampai di rumah atau di penginapan.