Pemkab Lumajang Akan Gelar Operasi Pasar Untuk Jaga Kestabilan Harga Menjelang Lebaran

Gelar Operasi Pasar akan digelar untuk jaga kestabilan harga bahan pokok. Foto: Foto: Istimewa/Visit Lumajang

Tak Hanya Beras Tapi Juga Kebutuhan Pangan Lainnya

"Hari ini sudah keluar dari 10 besar harga tertinggi ada di 10.300 rupiah, itu khusus harga di pasar. Masih ada lima pasar yang relatif tinggi di Kabupaten Lumajang, selama puasa kita pantau, kita lakukan operasi pasar kembali di lima pasar tersebut," terang Ridha.

Ridha juga memastikan bahwa khusus untuk harga beras dengan kualitas medium harga realtif stabil berbeda dengan level lainnya.

Harga beras dengan kualitas premium di Kabupaten Lumajang juga masih berada di peringkat 10 besar termurah se-Jawa Timur.

Selainn komoditi beras, kebutuhan lain seperti minyak goreng pun harganya relatif stabil di pasar yang ada di Lumajang.

"Sementara harga cabai dan bahan pokok lainnya, kami akan bekerjasama dengan Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian. Informasinya memang karena permintaan tinggi tetapi barang di pasar juga sedikit, belum musim panen. Tapi ini tidak akan lama, kami akan memantau terus perkembangan," imbuh Ridha.

Selain  bekerja sama dengan Bulog, Diskoperindag Kabupaten Lumajang juga bekerja samaa dengan Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian untuk menjaha kestabilan komoditi pangan seperti sayur dan buah-buahan.

Dari fakta di lapangan juga terlihat bahwa harga kebutuhan melambung juga disebabkan karena tingginya demand yang tinggi tidak didukung dengan stok yang banyak dikarenakannya belum memasuki musim panen.