Pemuda Pancasila Lumajang Ingatkan Pentingnya Edukasi Nilai Pancasila untuk Generasi Muda

Tabur bunga Pemuda Pancasila di TMP Kusuma Bangsa. Foto via @visitlumajang

Edukasi Pencasila untuk Generasi Muda

"Cara dan konten edukasinya yang mungkin perlu dirubah atau disesuaikan agar lebih mudah diterima generasi milenial. Bukan seperti pola doktrinasi yang kaku seperti pada era terdahulu," imbuhnya.

Lebih lanjut, pria yang akrab disapa Sam Setiawan ini mengungkapkan keprihatinan karena banyak anak muda yang tidak kenal sopan santun, tidak tahu rasa berterimakasih atau meminta maaf.

"Pendidikan karakter harusnya diajarkan sejak dini mulai tingkatan PAUD, TK dan seterusnya. Pancasila sebagai ideologi bangsa sudah merangkum itu semua, ini yang harus kita terapkan," kata Setiawan.

Dengan pengenalan dan pemahaman nilai Pancasila dalam kehidupan sehari-hari, Setiawan yakin Indonesia bisa lebih maju dari sebelumnya, tanpa harus kehilangan jati diri bangsa.

Hari Kesaktian Pancasila 2020 ini menjadi momentum penting Pemuda Pancasila Kabupaten Lumajang, sebagai langkah konsolidasi kepengurusan MPC yang baru terbentuk.

Usai apel dan ziarah, Pemuda Pancasila Lumajang menggelar parade keliling kota dan pembagian masker gratis di beberapa titik.

Seluruh rangkaian kegiatan ini juga dikawal jajaran Polres Lumajang, serta tetap menaati protokol kesehatan pencegahan Covid-19.