Ritual Ruwat Air Tirtosari, Perayaan Tahun Baru Islam di Kabupaten Lumajang

Kirab tumpeng yang berisi hasil bumi milik masyarakat. Foto: Visit Lumajang/Dnadyaksa

Pertujukan Menari Di Atas Air yang Unik

Kegiatan Kirab Tumpeng dilakukan dengan iring-iringan hasil bumi yang ditanam oleh masyarakat sekitar  berupa sayur-sayuran yang dibentuk seperti kerucut.

Puluhan tumpeng hasil bumi dibawa dari Balai Desa Penanggal. Warga tampak antusias untuk mengikuti rombongan arak-arakan menuju lokasi ritual Ruwat Air.

Dibagian akhir akan ada pertunjukan Theater Menari Di Atas Air oleh Maestro Tari asal Lumajang, Parmin Ras. Sang maestro terlihat menari menggunakan daun pisang sebagai properti.

Diiringi oleh musik tradisional Parmin Ras menari bersama beberapa penari lain yang berada di dalam kolam air Tirtosari View sambil membawa daun pisang.

Salah satu pengunjung acara Ritual Ruwat Air Tirtosari ini mengaku takjub dengan penampilan sang maestro tari asal Lumajang.

"Iya bagus, baru kali ini lihat pertujukan tari di dalam air, temanya unik kebetulan nonton waktu libur tanggal merah 1 suro, " ungakap Sari saat diwawancarai disela-sela acara.

Masyarakat sangat antusias dengan digelarnya ritual ini terlihat dari banyaknya penonton memenuhi pinggiran kolan Tirtosari View.