Sejarah Hari Olahraga Nasional dari Bung Karno sampai Pak Harto, Bagaimana Tahun ini?

Ilustrasi via @visitlumajangproject

Hari Olahraga Nasional 2020

Tahun 2020, Kemenpora mengusung tema Sport Science sebagai tema besar Haornas. Sejumlah kegiatan dan lomba secara visual telah diadakan, bahkan acara pra-Haornas sudah digelar sejak 1 Februari lalu.

Dilansir dari IDN Times, Menteri Pemuda dan Olahraga Zainudin Amali mengajak masyarakat untuk menjadikan momentum Haornas tidak hanya perihal kebugaran.

Disebutkan Haornas 2020 jadi momentum untuk mendorong prestasi olahraga dengan dukungan sport science dan pemberdayaan ekonomi masyarakat melalui sport tourism dan sport industry.

Ini artinya, Indonesia harus mampu membawa olahraga sebagai bagian dari daya tarik wisata, serta menumbuhkembangkan industri olahraga agar membawa dampak signifikan secara ekonomi.

Di Lumajang, sejumlah venue olahraga telah ditempatkan di beberapa destinasi wisata, bahkan jauh-jauh hari sebelum Sport Science, Sport Tourism, Sport Industry ditetapkan sebagai tema Haornas 2020.

Sebut saja Sirkuit BMX di area wisata Selokambang (Petahunan, Sumbersuko) serta Lintasan Downhill dan Cross Country (XC) di Kawasan Destinasi Wanawisata Siti Sundari (Burno, Senduro).

Selain itu dirilis Dispora Lumajang, venue Olahraga Sepatu Roda juga disiapkan di area destinasi wisata Tamburaya (Condro, Pasirian). Btw... Visiters udah olahraga belum hari ini?