Sejarah Singkat Lahirnya Sumpah Pemuda, Bukti Persatuan Pemuda Indonesia

Gedung Museum Sumpah Pemuda yang bisa di kunjungi untuk melihat sejarah Sumpah Pemuda. Foto via Museum Sumpah Pemuda

Kongres Pemuda II, Lahirnya Sumpah Pemuda

Pada Kongres Pemuda II terdapat pemuda terpelajar dari seluruh Indonesia yang merupakan organisasi bernama Perhimpunan Pelajar Pelajar Indonesia (PPPI).

Atas inisiatif PPPI, Kongres Pemuda II dilaksanakan di tiga gedung yang berbeda dan dibagi dalam tiga kali rapat. Rapat pertama digelar pada tanggal 27 Oktober 1928.

Bertempat di Gedung Katholieke Jongenlingen Bond (KJB), Lapangan Banteng rapat membahas tentang sejarah, bahasa, hukum adat, pendidikan, dan kemauan yang menjadi faktor yang memperkuat persatuan para pemuda.

Kemudian berlanjut rapat kedua sesi pertama pada 28 Oktober 1928 bertempat di Gedung Oost-Java Bioscoop yang membahas mengenai masalah pendidikan.

Masih di hari yang sama rapat berpindah di Gedung Indonesische Clubhuis Kramat. Pada sesi terakhir ini membahas mengenai nasionalisme dan demokrasi selain gerakan kepanduan.

Sebelum kongres tersebut ditutup diperdengarkan lagu "Indonesia Raya" karya Wage Rudolf Supratman. Lagu tersebut disambut dengan sangat meriah oleh peserta kongres yang hadir.

Kongres ditutup dengan mengumumkan rumusan hasil kongres yaitu Sumpah Pemuda. Para pemuda yang hadir hasil rumusan itu diucapkan sebagai Sumpah Setia.