Tari Topeng Kaliwungu Berpartisipasi dalam Situbondo Ethnic Festival 2023

Penampilan Tari Topeng Kaliwungu dalam event Situbondo Ethnic Festival 2023. Foto: Istimewa/Visit Lumajang

Warisan Budaya Indonesia

"Kami berharap kerja sama seperti ini bisa terus ditingkatkan, tidak hanya sebagai bentuk promosi pariwisata, tapi juga untuk memperkaya pengalaman dan pengetahuan masyarakat tentang keberagaman budaya di Indonesia," harap Agus Triyono.

Pada kesempatan tersebut, Sekda Lumajang juga mengajak masyarakat Lumajang agar lebih aktif dalam mendukung dan mengembangkan seni budaya lokal.

"Melalui partisipasi dalam festival-festival budaya seperti ini, kita bisa membangun kebersamaan dalam menjaga serta mengembangkan warisan budaya yang kita miliki," ungkap Agus.

Ia menambahkan, bahwa terselenggaranya event Situbondo Ethnic Festival sebagai media pertukaran budaya diharapkan dapat terus berkembang.

Event tersebut juga diharapkan dapat menjadi inspirasi bagi daerah-daerah lain untuk menjaga dan menghargai keberagaman budaya Indonesia.

"Keberhasilan Tari Topeng Kaliwungu sebagai peserta kehormatan menjadi bukti bahwa kekayaan budaya nusantara mampu merajut persatuan dan kesatuan di tengah keragaman," imbuhnya.

Topeng Kaliwungu merupakan kesenian khas Lumajang dari Desa Kaliwungu, Kecamatan Tempeh dan telah ditetapkan sebagai warisan budaya takbenda oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI pada tahun 2021.