Tips Mendaki Gunung Biar Pendakian Tetap Aman dan Menyenangkan

Panorama Ranu Kumbolo di jalur pendakian Semeru. Foto: Visit Lumajang/Dnadyaksa

Mendekati Alam dengan Aman

Keempat, siapkan logistik yang tepat dan lengkap. Jangan lupa logistik juga sangat penting ketika melakukan pendakian. Bawa logistik yang tepat dan lengkap. Pastikan membawa logistik sesuai kebutuhan dari berangkat hingga pulang.

Bawalah perlengkapan seperti sepatu yang nyaman dan kokoh, pakaian lapisan, peralatan tidur, peralatan memasak, dan perlengkapan darurat. Kemudian bawa makanan dan air yang cukup. Pastikan untuk membawa makanan yang kaya akan energi dan gizi serta cairan yang cukup untuk menghindari dehidrasi.

Kelima, perhatikan cuaca. Pantau perkiraan cuaca sebelum mendaki dan selama pendakian. Hindari mendaki saat cuaca buruk atau kondisi yang berpotensi berbahaya.

Keenam, jangan mendaki sendirian. Akan lebih baik dan aman mendaki bersama orang lain atau dalam kelompok. Ini tidak hanya meningkatkan keselamatan tetapi juga memberikan dukungan mental. Terlebih untuk kalian yang baru melakukan pendakian.

Ketujuh, jaga lingkungan. Jangan sampai merusak alam selama melakukan pendakian. Selalu bawa pulang sampah. Hindari merusak flora dan fauna setempat serta jangan campur tangan terlalu banyak dengan lingkungan alami.

Kedelapan, pilih gunung sesuai kemampuan. Carilah gunung yang memiliki trek sesuai dengan kemampuan kalian. Khususnya bagi yang masih belum berpengalaman. Ajak teman yang berpengalaman agar pendakian benar-benar aman.

Itulah beberapa tips mendaki gunung. Semoga rencana mendaki kalian berjalan dengan lancar dan aman. Selamat mendaki!