Tips Olahraga yang Aman Saat Menjalani Puasa, Ibadah Tetap Lancar

Tips berolahraga di bulan puasa. Foto: Galih Arto/Visit Lumajang

Ketahui Kemampuan Tubuhmu

Kedua, amati respon tubuhmu. Perhatikan bagaimana tubuh merespon ketika tetap melakukan olahraga saat berpuasa.

Jika merasa sangat lelah, lemah, atau pusing saat berolahraga, segera berhenti dan istirahat. Jangan memaksakan diri jika tubuh memberi sinyal untuk berhenti.

Ketiga, jaga sampai dehidrasi. Pastikan kalian minum cukup air saat berbuka puasa hingga sahur agar tubuh terhindar dari dehidrasi. Hindari minuman berkafein atau berkarbonasi yang dapat menyebabkan dehidrasi.

Keempat, jaga pola makan. Pilih makanan yang sehat dan bergizi saat berbuka puasa dan sahur agar kebutuhan tubuh tetap terpenuhi meski harus tidak makan atau minum selama kurang lebih 13-14 jam.

Konsumsi makanan yang mengandung karbohidrat kompleks, protein, dan lemak sehat untuk memberi energi yang cukup untuk berolahraga.

Kelima, pilih waktu yang tepat. Hindari berolahraga di tengah hari ketika suhu lebih tinggi dan risiko dehidrasi lebih besar. Sebaiknya berolahraga saat sore hari sambil menunggu waktu berbuka tiba.

Itulah beberapa tips olahraga yang aman saat menjalani puasa. Perlu diingat, tujuan utama selama bulan puasa adalah menjalankan ibadah dengan baik dan menjaga kesehatan secara keseluruhan. Jadi kita harus berolahraga dengan bijak selama bulan puasa.