Trailernya sih Udah, Lalu Bagaimana Kelanjutan Film Kyai Ilyas?

Talent dan kru film Kyai Ilyas via Garda Kiai

Dalam peluncuran buku , Rabu 31 Oktober 2018 lalu di Kantor PC NU Lumajang, hadirin cukup terkejut dengan diputarnya trailer film Kyai Ilyas.

Sebelumnya, trailer produksi Cantas Film di bawah sutradara Jos tersebut juga sempat viral di media sosial. Diakui banyak pihak bahwa film tersebut cukup menari baik dari ide cerita maupun penggarapan videografinya.

Syahwal Ali pemeran Kapten Kyai Ilyas dalam trailer film tersebut mengaku alasan terbesar diproduksinya film ini karena fenomena media sosial belakangan ini, "Budaya literasi kita masih rendah untuk membaca buku terutama buku sejarah."

Mahasiswa STKIP PGRI Lumajang ini mencontohkan beberapa novel sejarah yang menjadi booming setelah diangkat sebagai film, salah satunya Tenggelamnya Kapal Van Der Wijck. Sebelumnya anak muda sekarang mungkin tak banyak yang pernah membaca novelnya.

Melalui , sudah banyak elemen masyarakat yang mendukung agar proses produksi film ini bisa dilanjutkan. Tujuannya tak lain agar sosok Kyai Ilyas lebih dikenal oleh khalayak sebagai pahlawan santri dari Lumajang.