Upacara Hari Pahlawan, Bupati Ajak Generasi Bangsa Meneladani Jasa Pejuang

Upacara Hari Pahlawan, 10 November 2022 di Alun-alun Lumajang. Foto: Visit Lumajang/Istimewa

Perjuangan Untuk Merdeka Hingga Akhir

Dalam kesempatan itu, Bupati Lumajang, Thoriqul Haq juga menegaskan, bahwa para pahlawan telah berkorban sampai tetes darah penghabisan untuk kemerdekaan bangsa.

Kemerdekaan yang diraih para pejuang yang sesungguhnya dan bukan pemberian dari siapapun, melainkan berkat dan rahmat Tuhan Yang Maha Kuasa.

"Hari ini pun kita berada dalam perjuangan besar menaklukkan ancaman dan tantangan yang nyata-nyata berada di hadapan kita," tegasnya.

Menurut Cak Thoriq, generasi saat mempunyai semua modal dasar untuk menjadi bangsa pemenang. Bupati mengajak generasi muda meneruskan pengembangan dan pemanfaatan energi baru dan terbaharukan.

Kemudian, melakukan pengembangan sumber pangan berdasar potensi dan kearifan lokal, sebagai solusi untuk pemenuhan kebutuhan pangan dan memperkuat keragaman pangan Indonesia.

"Tidak mudah, tapi pasti bisa. Pahlawan kita telah memberikan teladannya dan mengajarkan kita beragam nilai untuk kita tiru. Kita warisi dan ikuti, sehingga jejak kemenangan akan berada dalam genggaman," terang Thoriqul Haq.

Sebelumnya selain upacara peringatan Hari Pahlawan juga dilakukan Upacara Ziarah Nasional di Taman Makam Pahlawan Kusuma Bangsa, Lumajang.