Sapu Gunung, Kampanyekan Bebas Sampah di Ranu Pane

18 Mei 2016 11:19
Sapu Gunung, Kampanyekan Bebas Sampah di Ranu Pane Pelepasan burung endemik Sapu Gunung 2016 via Danar/Penawarga

Deklarasi Gunung Lestari

Selain acara kampanye Sapu Gunung ini, juga dilaksanakan Deklarasi Gunung Lestari, tarian pembuka acara, peresmian Bank Sampah di desa Ranu Pani, pembacaan bersama Kode Etik Pecinta Alam, penanaman bibit Kesek di sekitar Danau Ranu Pani, pelepasan burung endemik ke kawasan TNBTS. Para peserta juga disuguhi oleh pameran foto keanekaragaman hayati di Wilayah TNBTS dan juga penampilan artis nasional Candil serta Nugie.

Di acara Sapu Gunung tersebut dideklarasikan kampanye bebas sampah di wilayah Taman Nasional Bromo Tengger Semeru. Menteri LHK menjelaskan bahwa persoalan sampah di kawasan wisata gunung dan Taman Nasional masih menjadi masalah yang paling urgent dan sulit diatasi. Diharapkan melalui kampanye Sapu Gunung ini para penikmat alam maupun pecinta alam bisa menjaga kebersihan dari timbunan sampah di kawasan gunung dan taman nasional agar seluruh flora dan fauna bisa tetap terjaga.

Menurut Dirjen PSLB3 Tuti Hendrawati Mintarsih yang mewakili Menteri KLHK menjelaskan sampai saat ini KLHK telah bekerjasama dengan Komunitas Sapu Gunung dan para pecinta alam untuk melakukan perhitungan jumlah timbunan sampah di 15 Taman Nasional dan kawasan gunung di Indonesia.

Danar Indrakusuma 1075
#Ranu Pani #Gunung Semeru #Senduro #Seni Budaya #Taman Nasional Bromo Tengger Semeru #Gunung

© 2018 visitlumajang.com