10 November, GSNI Lumajang Nyatakan Dukungan Pengajuan Gelar Pahlawan Nasional untuk Kyai Ilyas

GSNI Lumajang via VisitLumajang/ndy

Kyai Ilyas sebagai Pahlawan Nasional

Proses pengajuan gelar Kapten Kyai Ilyas menjadi Pahlawan Nasional diprakarsai oleh Gerakan Dukungan Kyai Ilyas Pahlawan Indonesia (Garda Kiai), melalui penerbitan buku edisi pemutakhiran berjudul .

Buku ini sendiri dimutakhirkan oleh tim yang terdiri dari Mansur Hidayat, S.S., M.M., Lutfia Amerta Sanjiwani, S.Pd., dan Rina Rohmawati, S.S., M.Hum.

"Tidak hanya itu, Garda Kiai juga mengadakan napak tilas perjuangan Kapten Kyai Ilyas di Lumajang dengan 3 titik penting yaitu Musholla Kapten Kyai Ilyas di Dusun Galingan, Desa Boreng, Kec. Sukodono, Monumen Kapten Kyai Ilyas di Desa Banjarwaru, Kec. Lumajang dan makam Kapten Kyai Ilyas di TMP Kusuma Bangsa Lumajang," tambahnya.

10 November ditetapkan sebagai Hari Pahlawan. Pada tanggal ini merupakan momentum untuk pengajuan gelar Kapten Kyai Ilyas menjadi Pahlawan Nasional. GSNI Lumajang berharap semua elemen masyarakat juga mendukung kegiatan ini.

"Kita berharap semua masyarakat Lumajang juga memberikan dukungan kepada Pemerintah Kabupaten Lumajang, PCNU Lumajang dan Garda Kiai agar segera membentuk tim pengusulan dan melengkapi data-data yang dibutuhkan dalam pengajuan pengusulan agar segera diproses," pungkasnya.