Berwisata Sejarah Ke Situs Biting Bisa Jadi Cara Mengisi Peringatan Hari Pahlawan

Salah satu peninggalan sejarah di Lumajang pada kawasan Situs Biting. Foto: Kemendikbud

Kemarin pada tanggal 10 November kita memperingati Hari Pahlawan, menundukkan kepala sejenak mengheningkan cipta bagi para pejuang tak lupa selalu meneladani jasa para pahlawan.

Bersamaan dengan momen tersebut, berwisata ke tempat bersejarah di mana dulu para pahlawan menghadapi musuh untuk mencapai kemerdekaan bisa membuat kita lebih mengerti sejarah perjuangan.

Di Kabupaten Lumajang terdapat wisata sejarah bernama Situs Biting. Situs ini terletak di Dusun Biting, Desa Kutorenon, Kecamatan Sukodono, Kabupaten Lumajang.

Suatu sumber menyebut bahwa, Situs Biting merupakan benteng dan pemukiman pada masa Majapahit hingga kerajaan Mataram Islam. Secara geografis kawasan ini berupa area daratan yang dikelilingi beberapa aliran sungai.

Sepanjang aliran sungai. ada dinding dan 6 menara benteng yang digunakan untuk melakukan pengintaian terbuat dari susunan bata.

Selain itu di situs bersejarah ini ditemukan temuan-temuan yang berupa fragmen genteng, struktur bata lepas dan temuan lain seperti fragmen gerabah, terakota, keramik, fragmen logam, serta fragmen tulang dan gigi binatang.

Untuk penjelasan lebih lanjut Visiters yang ingin mengetahui sejarah di Situs Biting bisa mengunjungi lokasi secara langsung. Memperingati Hari Pahlawan lebih seru dengan berwisata sejarah disekitar kita.