Bincang Desa, Diskusi Peran Pemuda Pancasila dalam Membangun Desa

Diskusi Pemuda Pancasila Lumajang. Foto via @visitlumajang

Desa Maju Indonesia Maju

Dari kesempatan yang begitu luas untuk membangun desa dan memberdayakan masyarakatnya, BUMDes jadi salah satu yang bisa diandalkan.

Saat mengungkap soal BUMDes, Agus Setiawan, Ketua MPC Pemuda Pancasila yang juga jadi pembicara diskusi ini mengingatkan pentingnya pengelolaan yang tepat dan profesional.

"Sebagai bahan masukan, setidaknya penyelenggara harus paham potensi maupun kemampuan SDM yang ada di desanya. Jangan sampai terjebak middle trend atau sekedar ikut-ikutan," ungkap Agus.

Agus Setiawan yang juga dikenal sebagai ekonom ini mengatakan BUMDes bisa mendatangkan manfaat seluas-luasnya bagi warga jika dikelola secara profesional.

Di sini Pemuda Pencasila siap berperan aktif dan menjadi mitra strategis bagi desa baik dalam pemberdayaan desa maupun dalam berbagai kegiatan kemasyarakatan.

"Dalam waktu dekat ini PP Lumajang juga akan melengkapi kepengurusan sampai Ranting di tingkat desa. Tentunya Pemuda Pancasila dan Pemerintah Desa bisa saling berkolaborasi," imbuhnya.

Diskusi ini berjalan apik dipandu oleh Satori sebagai moderator, diskusi ini juga ditayangkan secara live di Facebook Pemuda Pancasila Lumajang.