Bupati Lumajang Laporkan Progres Relokasi Pasca Bencana Erupsi Semeru

Bupati Lumajang bersama Kepala BNPB pelatihan Kepemimpinan Penanggulangan Bencana. Foto via @visitlumajang

Ketua BNPB Akan Koordinasikan Permintaan Bupati Lumajang

Bupati Lumajang yang kerap disapa Cak Thoriq itu menargetkan seluruh hunian relokasi sudah bisa ditempati oleh masyarakat sebelum tanggal 4 Desember 2022, .

Menanggapi laporan Bupati Lumajang, Kepala BNPB, Letjen Suhariyanto menyatakan akan segera melakukan koordinasi dengan pemerintah pusat terkait proses verifikasi calon penghuni hunian relokasi.

Letjen Suhariyanto pun mengapresiasi langkah dari Bupati Lumajang yang mampu melakukan percepatan penanganan bencana erupsi yang terjadi tahun lalu.

Sehingga dalam waktu tidak sampai satu tahun, masyarakat yang terdampak bencana erupsi Gunung Semeru bisa kembali memiliki hunian dan memulai kehidupan normal seperti biasa.

"Penangana bencana erupsi Semeru yang terjadi pada Desember tahun lalu ini penanganannya lebih cepat dari pada daerah lain," ungkap Letjen Suhariyanto.

Kepala BNPB itu menambahkan bahwa pihaknya mempertimbangkan mengenai harapan Bupati Lumajang untuk kemundahan verifikasi calon penghuni hunian relokasi.

"Pak Presiden juga tahu penanganan di Lumajang juga cepat, kemudian terkait permasalahan verifikasi nanti akan kami kordinasikan ditingkat pemerintah pusat," pungkas Kepala BNPB, Letjen Suhariyanto.