Bupati Lumajang Laporkan Progres Relokasi Pasca Bencana Erupsi Semeru

Bupati Lumajang saat menghadiri pelatihan Kepemimpinan Penanggulangan Bencana. Foto via @visitlumajang

Bupati Lumajang, Thoriqul Haq melaporkan perkembangan pembangunan kawasan relokasi Bumi Semeru Damai dan proses rekonstruksi pasca bencana erupsi Gunung Semeru kepada Kepala BNPB dan Gubernur Jawa Timur.

Hal tersebut disampaikan oleh bupati pada pelatihan Kepemimpinan Penanggulangan Bencana di Aula Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BPSDM) Provinsi Jawa Timur pagi ini, 3 Novermber 2022.

Bupati menyampaikan dalam laporannya bahwa proses rehabilitasi dan rekonstruksi pasca bencana erupsi Gunung Semeru sudah hampir selesai. 

Proses relokasi pembangunan hunian tetap telah rampung 100%, untuk hunian sementara mencapai 83.75%. Sebanyak 907 keluarga penyintas erupsi sudah menempati hunian relokasi.

Disebut juga bahwa hal yang menghampat warga untuk menempati hunian relokasi adalah dari proses verifikasi. Thoriqul Haq mengharap ada kemudahan dari pemerintah pusat.

"Ada perlambatan joint inspection antara Kementerian PUPR dan Dinas Perumahan dan Pemukiman, setiap warga harus verifikasi menyesuaikan dari PUPR, harapannya bisa asesmen dan verifikasi lebih mudah," ungkap bupati.

Thoriqul Haq berharap akan ada kemudahan dari pemerintah pusat terkait kemudahan proses verifikasi sehingga masyarakat bisa segera menempati hunian relokasi yang sudah selesai.