Cegah Banjir, Sejumlah Saluran Irigasi Dibangun di Lumajang

H. Charles Meikyansah saat meninjau rencana pembangunan irigasi. Foto via @visitlumajang

Lumajang merupakan kabupaten dengan mata pencaharian penduduk yang utama adalah bercocok tanam atau bertani. Beberapa kecamatan menjadi lumbung padinya Lumajang, sebut saja seperti Rowokangkung dan Jatiroto.

Sayangnya potensi pertanian di Lumajang yang cukup bagus punya ancaman yang cukup serius setiap tahunnya. Yaitu potensi bencana banjir yang sering melanda Kecamatan Rowokangkung.

Permasalahan banjir di Kecamatan Rowokangkung seolah menjadi momok yang tak kunjung usai. Alhasil setiap tahunnya ratusan hektar sawah terendam di daerah ini, menjadi derita bagi warga setempat.

Untuk mengantisipasi banjir di kawasan ini, H. Charles Meikyansah, Anggota DPR RI Dapil Lumajang - Jember dari Fraksi Partai NasDem berinisiatif untuk melakukan pembenahan.

Bersama mitra kerja dari Kementerian PUPR dan Pemerintah Kabupaten Lumajang, Charles meninjau sejumlah titik di Kecamatan Rowokangkung dan Jatiroto, Sabtu 10 Oktober 2020 kemarin.

Kunjungan tersebut dalam rangka peninjauan program irigasi dan dan PISEW (Program Pengembangan Infrastruktur Sosial Ekonomi Wilayah).

"Karena menurut laporan, ketika musim penghujan banyak yang bilang bahwa beberapa daerah tersebut rawan bencana banjir," ungkap Charles.