Cegah Banjir, Sejumlah Saluran Irigasi Dibangun di Lumajang

Survei pembangunan saluran irigasi dan PISEW Kementerian PUPR. Foto via @visitlumajang

Harapan Baru Petani Lumajang

Titik saluran irigasi yang akan dibangun antara lain di Desa Rowokangkung dan Desa Sidorejo, Kecamatan Rowokangkung, serta di Desa Banyuputih Kidul dan Desa Sukosari, Kecamatan Jatiroto.

Dengan program PISEW, sejumlah jalan penghubung antar desa yang biasa dilewati petani juga dibangun bersama dengan saluran irigasi.

Bupati Lumajang Thoriqul Haq turut hadir melakukan peninjauan, bersama sejumlah Kepala OPD terkait, Camat sampai Kepala Desa.

Cak Thoriq mengapresiasi penuh program ini, dan siap bersinergi agar program ini dapat berjalan dengan baik. Selain antisipasi banjir, program ini juga akan meningkatkan produktivitas pertanian di Kabupaten Lumajang.

"Dengan menghadirkan Dirjen Kementerian PUPR dan disaksikan oleh Bupati Lumajang, Insyaallah jika tidak ada halangan tahun depan akan direalisasikan," imbuh Charles Meikyansah.

"Ini semua tidak lain dan tidak bukan adalah untuk masyarakat setempat. Dengan segala kerendahan hati, jika berkaitan dengan program yang bisa kami hadirkan, akan kami hadirkan di Lumajang," tandasnya.

Kegiatan ini juga dihadiri Tenaga Ahli Wakil Ketua DPR RI/Korinbang Rachmat Gobel, Ajeng Kusuma, serta sejumlah perwakilan kelompok tani.